Rabu, 20 Mei 2015

 Ini rupa ular pertama dalam sejarah

Ilmuwan Universitas Yale, Amerika,menyatakan telah berhasil menggambar ulang ular pertama yang muncul di Bumi. Suka atau tidak, ular pertama terlihat jauh lebih seram dari ular yang ada saat ini.
"Kami telah merekonstruksi nenek moyang ular modern. Ular-ular pertama itu adalah hewan malam yang memangsa hewan lain dengan tubuh besar. Sekilas, mereka nampak seperti ular raksasa yang hidup di hutan hujan Brasil," ujar Allison Hsiang, pimpinan penelitian ular pra sejarah Universitas Yale, Phys.org (19/05).
Selain aktif pada malam hari, ular purba diketahui masih memiliki sepasang kaki belakang yang terletak di hampir ujung ekor. Kaki itu dipercaya adalah sisa evolusi, mengingat ular adalah salah satu hasil evolusi kadal purba.
Yang lebih menakutkan, kaki belakang ular itu masih dilengkapi dengan pergelangan kaki dan jari-jari. Sementara itu, kaki depan ular purba sudah hilang saat pertama berevolusi di daratan bukan lautan seperti yang selama ini diperkirakan ilmuwan.
Ilmuwan Universitas Yale berhasil mengungkap rupa ular pertama setelah meneliti gen ular dan anatomi ular modern, serta fosil-fosil ular purba yang ada. Hal ini tentu sulit, sebab spesies ular sendiri terdiri dari 3.400 spesies.
Ular diyakini pertama kali muncul di Bumi sekitar 128,5 juta tahun silam, tepatnya di zaman Kretaseus (kapur) pertengahan. Ketika itu benua mulai terbentuk dan jumlah dinosaurus semakin meningkat.




sumber  : http://www.merdeka.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe to RSS Feed Follow me on Twitter!